Langsung ke konten utama

Manajemen

Menurut Husein Umar (1999:86) Manajamen strategik berperan sebagai suatu seni dan ilmu dalam hal formulating, implementing, dan evaluating keputusan-keputusan strategis antar fungsi yang memungkinkan sebuah organisasi mencapai tujuannya pada masa mendatang. 

Sebelum melakukan proses formulasi, gejala-gejala yang sedang terjadi perlu dianalisis dan dipilih sesuai dengan internal organisasi. Hal tersebut terkesan seakan hanya satu gejala yang dapat terjadi dan memberi dampak kepada organisasi. Namun, bagi organisasi yang berperan sebagai penolong konsumen (waralaba) kemungkinan adanya ketidak pengaruhan gejala lain dapat terjadi, karena gejala lain dapat dijadikan sebagai konten promosi bagi organisasi itu sendiri dengan cara memberi masukan dan hanya terjadi pada saat-saat tertentu, karena organisasi fokus terhadap konsumen konsumen dan konsumen.

Nah, dari analisis gejala yang ditemui organisator dapat dirumuskan beberapa cara promosi untuk dilaksanakan organisasi dan dievaluasi sebagai suatu hasil untuk dijadikan pengalaman organisasi.

Misalkan industri kerajinan tangan yang produknya memiliki harga tinggi namun banyak konsumen yang menyukai produk kerajinan tangan. Dari hal ini dapat diketahui bahwa harga tidak memberikan efek terhadap keinginan konsumen, dengan demikian strategi yang digunakan berjalan dengan baik. 

Untuk meningkatkan penjualan sehingga mendapatkan keuntungan industri kerajinan tangan memerlukan sebuah strategi, karena strategi sebelumnya telah mencapai tujuan komunikasi. Dengan demikian, peningkatan/penurunan harga produk dapat diterapkan. Nah, peningkatan/penurunan harga ini merupakan salah satu dari strategi harga untuk menarik pembelian pasar konsumen yang telah dimiliki. Tapi, jangan lupa bahwa strategi tersebut diputuskan setelah adanya analisis terhadap gejala-gejala yang mempengaruhi industri. 

Kemudian, strategi harga dapat diformulasikan untuk diimplementasikan oleh industri saat strategi sebelumnya tidak berhasil mendapatkan konsumen yang ingin membeli. 

Penciptaan strategi yang akan digunakan setelah menerapkan strategi sebelumnya diciptakan setelah adanya kegiatan evaluasi terhadap strategi sebelumnya.

Kemudian, melalui satu gejala mengenai keinginan konsumen tersebut dapat dijadikan sebagai promosi baru oleh industri untuk meningkatkan keinginan membeli konsumen, seperti diskon.

-Teori formal-
"Terimakasih"





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kuliah itu gimana sihh??

Hmm... pembahasan kali ini cocok banget buat kamu yang masih bingung dengan rutinitas perkuliahan. Aku buka pembahasan ini karena setahun yang lalu (iyaa ini late post yang kebangetan) tetangga ku yang masih SMP kelas 3 nanya nih gimana sih kak kuliah itu? Susah nggak? Pelajarannya gimana? Peraturannya ketat nggak kak? Gini nih, nggak ada yang perlu ditakutin, dibingungin, dan sebagainya dalam perkuliahan. Kuliah itu ya belajar, sama kok kayak di SD, SMP, dan SMA, yang dipelajari ya apa yang pernah kamu pelajari sebelumnya di SMA. Gini, waktu SD kamu pasti pernah merasa kebingungan "gimana sih cara belajar di SMP, susah nggak ya?" terus dulu aku pribadi, nanya nih ke guru matematika namanya Bu Gurning "Bu, apa ya yang dipelajari anak-anak SMP?" Ibu Gurning  yang rambutnya waktu itu ikal sampai ke bahu bilang "yang dipelajari di SMP itu apa yang kamu pelajari sekarang saat SD, nggak susah kalau kamu bisa ingat pelajaran SD saat SMP" gitu juga saat kamu ke...

Roti Manis Selera Manis

Roti-roti Roti ini banyak ditemukan di berbagai daerah dengan harga mulai dari 3.000. Dengan harga itu roti yang dibungkus dengan kemasan ini dapat digolongkan murah dan meriah, walaupun lumayan mahal bagi mahasiswa dengan isian dan varian yang dapat dipilih. Walaupun belum seperti roti-roti merk lain seperti (holland, dan BreadTalk) dengan harga yang tersebut, produsen roti manis ini tetap memiliki reputasi dan digemari. Selain itu adanya bentuk atau gambar produk memenuhi kemeriahan produk roti yang merupakan produk dengan dasar tepung tanpa bahan-bahan tambahan lain yang menyebabkan tambahan.  Dannnn, disini bisa didapatkan di Jln. Cipta Karya sekitar swalayan dengan nama Anif Bakery. Dari gambar cuma ada 3 varian isi, daging, coklat, dan mochacino, tapi jika langsung datang ke wilayah dapat ditawarkan varians roti lainnya sampai semua keinginan terpenuhi.  Varian roti yang paling banyak terjual selama aku konsumsi dan tawarkan yaitu isi daging. Dengan demikian d...

Limit Fungsi Aljabar-3-

Nah, dibagian 2 ada masalah tentang nilai X dan nilai fungsi X. Dan kalau sumber-sumber yang udah dicantumkan dibaca , nilai X mendekati a (X -> a) itu merupakan 'nilai limit', jika nilai tersebut tidak dapat menyelesaikan suatu Limit Fungsi Aljabar artinya nilai limit tersebut tidak dapat digunakan sehingga fungsi X tidak dapat didefinisikan. Daaaan sekarang lanjut kebagian 3. Dibagian ini yang dibahas cuma metode dan soal untuk menyelesaikan Limit Fungsi Aljabar, jadi kalau masih bingung dengan kalimat dibagian 2, udah disimpulkan di paragraf sebelumnya yak.  metode pertama, yaitu: SUBSTITUSI Metode substitusi yaitu metode yang paling nggak ribet, kita cuma perlu mengganti fungsi x atau f(x) dengan nilai limit yang ada, misalnya: Berdasarkan soal dan jawaban di atas dapat dilihat bahwa x pada f(x) cuma diganti dengan angka 4. yaitu nilai limit yang sudah diketahui. FAKTORISASI Berbeda dengan metode kali ini, yaitu faktorisasi. Metode faktorisasi mengharuskan kita untuk mem...